31 Mei 2018

Himpunan Mahasiswa Farmasi Untan

Pharmacy Reminder (Hari Tanpa Tembakau)


[PHARMACY_REMINDER]
📆 31 Mei 2018
"Hari Tanpa Tembakau🙅‍♂🙅‍♀"

Hari Tanpa Tembakau adalah hari kepedulian global yang diperingati setiap tahun pada tanggal 31 Mei untuk meningkatkan kesadaran dan mendorong masyarakat agar mengurangi atau menghentikan konsumsi tembakau dalam bentuk apapun, terutama rokok🚬.

Ketika tembakau terus dikonsumsi diperkirakan pada tahun 2030 nanti, tembakau akan membunuh lebih dari delapan juta orang per tahunnya😲. Data dari Kementerian Kesehatan menunjukan bahwa prevalensi perokok di Indonesia pada usia ≥ 15 tahun meningkat sebesar 36,3% dibandingkan dengan Tahun 1995 yaitu 27%📈. Tidak heran jika Indonesia menjadi negara nomor tiga terbanyak jumlah perokoknya di dunia setelah China dan India😢.

Bahaya dari merokok bukan lagi rahasia umum. Merokok tidak hanya berdampak pada perokok aktif namun juga pada perokok pasif dan lingkungan sekitarnya👨‍👩‍👧. Merokok dapat menimbulkan penyakit kanker, jantung, keriput/terlihat lebih tua 👴👵, serta mengurangi tingkat kesuburan.  Bahan kimia pada tembakau dapat merusak lapian pembuluh darah dan memengaruhi jumlah lemak dalam aliran darah. Hal tersebut meningkatkan risiko penyakit pengerasan pembuluh darah (ateroma). Tidak hanya itu, merokok juga menimbulkan beberapa gejala penyakit yang dapat berujung pada kematian😯.

Namun, jika Anda memutuskan untuk berhenti merokok, Anda bisa membuat perubahan besar pada kesehatan Anda. Dalam 1 tahun, resiko anda terkena serangan jantung berkurang. Dalam 5 tahun, resiko anda meninggal karena kanker paru-paru berkurang setengahnya dari perokok berkelanjutan. Dalam 10 tahun, resiko anda meninggal karena kanker paru-paru sama seperti orang yang tidak merokok🙆‍♂🙆‍♀. Selain itu, tidak merokok juga dapat memperlancar sirkulasi darah, meningkatkan kerja paru-paru dan sistem imun 🛡.

If you've ever said 'One day I will give up smoking', this is the day. Make every day World No Tobacco Day🚭🤗👍.

#PHARMACY_REMINDER
#KEDIPROHEBAT
#HMF_BARU
#HMF_FK_UNTAN
#Bersinergi_Amanah_Harmonis_Unggul